Cara memperbaiki Flashdisk rusak dan tidak terbaca

Flashdisk merupakan media penyimpanan data yang paling efektif dikarenakan bentuknya yang kecil tetapi besar manfaatnya terutama dalam urusan penyimpanan dan pengamanan data. Namun sangat disayangkan flashdisk kesayanagan anda ini tiba-tiba rusak. Sehingga mau tak mau kita harus mengembalikan data yang mungkin masih bisa diambil dari flashdisk yang rusak tersebut. Flashdisk rusak menyebabkan flashdisk tidak terdeteksi di komputer.

Sebelum memperbaiki flashdisk rusak atau tidak terbaca sebaiknya kita mengetahui ciri-ciri flashdisk rusak.

Ciri-ciri Flashdisk Rusak


Ada beberapa macam kerusakan yang sering terjadi pada flashdisk diantaranya adalah:
  • Flashdisk masih terebaca namun tidak dapat melakukan baca/tulis termasuk menghapus file-file di dalamnya.
  • Flashdisk masih terbaca tetapi tidak bisa diformat.
  • Flashdisk masih terbaca tetapi berukuran 0 Bytes.
  • Flashdisk yang sama sekali tidak terebaca.
  • Write protected flashdisk.

Memperbaiki Flashdisk Rusak


Cara kesatu: Tes di komputer lain.

Tes colok flashdisk rusak di kumputer lain terlebih dahulu, jika di komputer itu mendeteksi ada perangkat USB yang tersambung berarti kerusakan bukan terjadi pada flashdisk, bisa jadi settingan USB di komputer yang belum di aktifkan.

Caranya: masuk ke My Computer > Control Panel > hardware > device manager > Universal Serial Bus Controller > klik uninstall lalu restart.

Cara kedua: Format flashdisk menggunakan software format flashdisk

Setelah melakukan cara pertama diatas belum juga teratasi kemungkinan flashdisk anda-lah yang bermasalah. Bila flashdisk tidak terdeteksi, tentu tidak dapat dilakukan format ulang, Cara format flashdisk adalah dengan menggunakan software Hp Drive Boot Utility (link download dibawah) atau USB Repair yang dapat anda cari di Google.

Setelah di install jalankan aplikasinya.
  1. pilih format flashdisk yang mau di gunakan (FAT, FAT32 atau NTFS)
  2. pilih Quick Format
  3. klik start


Sampai disini biasanya flashdisk sudah optimal kembali dan bisa di gunakan. Namun jika masih gagal saya rekomendasikan untuk mencari aplikasi lain yang ada di Internet, atau mungkin kerusakan terjadi pada perangkat keras.

Link Download Hp Drive Boot Utility:
http://adf.ly/s6CEY

Cara ketiga: Melalui computer management system.

Cara ini akan berhasil apabila flashdisk anda masih terbaca di komputer lain. Ikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. klik kanan pada My Computer dan pilih menu Manage
  2. di bagian Storage Disk Management coba lihat apakah ada terlihat removeable disk dengan ukuran tertentu (misalnya besar kapasitas flashdisk anda 3,75 GB)
  3. jika ada berarti flashdisk masih tedeteksi Windows, selanjutnya pastikan status disk ini "Online". Jika statusnya "Offline" silahkan klik kanan dan pilih menu online.
  4. jika sudah online tetapi belum juga terdeteksi Windows Explorer, maka klik kanan dan pilih menu Change drive Leeter and Path. setelah dibuka dan masih kosong klik saja tombol Add untuk menambahkan huruf yang akan menjadi Drive yang bisa di akses di Windows Explorer.
Jika anda praktekkan dengan benar maka flashdisk anda sudah bisa terdeteksi kembali. Demikianlah cara format flashdisk dan mengatasi flashdisk tidak terbaca.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara memperbaiki Flashdisk rusak dan tidak terbaca"

Post a Comment

Komentar dengan link aktif tidak akan di approve