Cara membuat hotspot wifi portable sendiri pakai hp Android

Mungkin selama ini anda hanya tahu hp Android memiliki kamera yang bagus bahkan dapat menjalankan segala macam aplikasi yang bermanfaat. Ternyata ada satu fitur lainnya yang sangat jarang diketahui yaitu hp Android dapat jadikan hotspot wifi portable.

Fungsi portable wifi hotspot pada hp android untuk memancarkan sinyal wifi. Jaringan wifi portable ini dapat dimanfaatkan oleh perangkat lainnya yang medukung wifi seperti Tablet PC, Laptop maupun Smartphone lainnya.

Jadi anda tidak perlu repot-repot memasang hostpot wifi dan membayar tagihan bulanan, karena anda sudah memiliki hotspot sendiri dari hotspot hp Android yang di pancarkan keseluruh sudut ruangan rumah anda tentunya.

Untuk keamanan jaringan wifi portable ini anda tidak usah khawatir karena sinyal hotspot wifi ini dapat di protect agar orang lain tidak bisa menggunakannya.

Berikut ini langkah-langkah membuat hotspot wifi portable pakai hp Android, saya menggunakan hp Android Samsung Galaxy Young:

1. Silahkan ketuk pada menu pengaturan

2. Pilih pada menu Nirkabel dan jaringan

3. Pilih menu Tethering dan portable hotspot

4. Kita akan membuat konfigarasi hostpot wifi portable secara aman atau menggunakan password untuk mengamankan jaringan wifi anda dari orang lain. Pada SSID Jaringan tulis nama jaringan anda dan pada pengamanan pilih WPA2 PSK lalu masukkan kata sandi yang mudah anda ingat tetapi tidak mudah ditebak orang lain. Perhatikan gambar berikut:


5. Jika jaringan wifi anda boleh diakses oleh orang lain maka pada tab menu pengamanan pilih menu Open, artinya orang lainpun dapat mengakses/menggunakan sinyal wifi dari ponsel android anda:

6. Lalu setelah anda menyimpan pengaturan maka selanjutnya beri conteng pada menu Hotspot Wifi Portable untuk mengaktifkan hostpot android anda:

7. Sekarang lakukan tes dengan perangkat lain, saya menggunakan laptop untuk mengetes sinyal wifi dari hp android, dan ternyata berhasil.


Selamat berinternet ria menggunakan hotspot wifi portable sendiri dari hp android anda. Semoga membantu.

Postingan terkait: