Cara Mematikan Autorun Pada Komputer dan Flashdisk

Cara Mematikan Autorun Pada Komputer dan flashdisk. Penyebaran virus spyware atau malware marak terjadi melalui USB flashdisk, flashdisk yang sudah terinfeksi saat di gunakan di komputer yang bersih, virus akan langsun bekerja dengan otomatis secara hidden (tersembunyi). Penyebaran virus ini dengan cepat menjangkiti komputer tersebut, penyebab utamanya karena setting autoplay/autorun masih default (enabled), tak peduli walaupun antivirusnya baru update.

Cara Menghapus Virus


Ada beberapa cara untuk menghapus virus diantaranya adalah:
  1. Menggunakan antivirus Smadav terbaru dan
  2. Scan virus online
Sebelum membahasnya kita akan mematikan autorun pada windows agar virus tidak menyebar lagi ke sistem.

Mematikan Autorun


Untuk itu saya sarankan agar autorun/autoplay di disablekan saja. Berikut  ini Cara Mematikan Autorun Pada Komputer.
  • Klik start windows - Run
  • ketik gpedit.msc dan OK
  • pilih pada User Configuration - Administrative Templates - System
  • double klik pada Turn Off Autoplay
  • pilih option Enable
  • pada option Turn Off Autoplay on, pilih All Drives
  • klik OK

Mematikan Autorun dengan Software


    Cara lain untuk mematikan Autorun menggunakan software Tweak UI for windows XP yang dapat anda download gratis di situs resminya di bawah ini:


    This PowerToy gives you access to system settings that are not exposed in the Windows XP default user interface, including mouse settings, Explorer settings, taskbar settings, and more.   

    Tweak UI Version 2.10 requires Windows XP Service Pack 1 or above / Windows Server 2003. If you have a Windows XP system without any Service Packs installed, download Version 2.00.


    Cara menggunakan software Tweak UI


    Perhatikan langkah singkat berikut ini untuk mematikan autorun menggunakan Tweak UI.
    1. Install dan jalankan programnya, uncheck drive dari A hingga Z seperti gambar di bawah, tujuannya adalah untuk mendisable autorun pada semua drive. 
    2. lalu menuju ke My Computer > Autoplay > Types, matikan Enable Autoplay for Removeable drive dan mematikan Enable Autoplay for CD and DVD drive.

    Trik diatas adalah dua cara untuk mencegah penularan virus, masih ada cara lain penularan virus komputer, hal ini tergantung dari masing-masing pengguna komputer. Waspadai terhadap file-file aneh, scan USB dengan antivirus, dan jangan lupa update antivirus secara berkala.

    Download Antivirus Smadav


    Salah satu software antivirus terbaik buatan anak negeri adalah antivirus Smadav. Keunggulan Smadav adalah mampu mendeteksi virus lokal yang akhir-akhir ini semakin membahayakan pengguna komputer terutama di Indonesia. Sebenarnya ada banyak kelebihan lainnya yaitu:
    1. Bisa bekerja bersamaan dengan antivirus lainnya, seperti Avira, Avast, AVG, Symantec, dsb
    2. Fitur SMADlock untuk flashdisk mampu memproteksi dari serangan virus
    3. Cocok sekali digunakan untuk pengguna offline
    4. Biaya upgrade Smadav Free ke Smadav Pro sangat murah

    Disamping kelebihan pasti ada kekurangan, Smadav kurang lihai mengatasi virus internasional, jadi barengi dengan antivirus internasional yang lain seperti yang saya sebutkan pada point 1 diatas. Silahkan download antivirus Smadav terbaru pada link download berikut.


    Scan virus online


    Antivirus online dapat melakukan scanning komputer dari virus yang menjangkiti komputer yang sedang digunakan. Tidak hanya virus yang dapat ditanggulangi, melainkan juga aplikasi lainnya yang cukup berbahaya seperti malware, worm, rootkit, dll. Antivirus online tidak perlu repot-repot untuk melakukan instalasi karena Anda hanya perlu terkoneksi dengan internet dan langsung lakukan proses scanning.

    Ada beberapa situs anti virus online yang dapat digunakan scanning (pemindaian) langsung pada komputer diantaranya :

    1. VirusTotal.com. Situs scanning ini lumayan populer, virus total menyediakan layanan scan langsung dari komputer dengan menggunakan berbagai software anti virus. Layanan ini bersifat free dan sangat bermanfaat. Ukuran file maksimum yang bisa Anda upload adalah 20 MegaBytes.
    2. VirusScan.Jotti.org/en.  Jotti termasuk situs yang paling sederhana dibandingkan dengan situs deteksi infeksi virus online yang lainnya. Tetapi, bukan berarti karena sederhana membuat Jotti menjadi “kurang bergigi”. Jotti tetap merubakan sebuah “laboratorium” online yang dapat diandalkan untuk mengatasi masalah Anda.
    3. Panda Security ActiveScan
    4. Bit Defender Quick Scan

    Demikianlah cara membasmi virus di komputer semoga dapat membantu anda.


    Postingan terkait:

    Belum ada tanggapan untuk "Cara Mematikan Autorun Pada Komputer dan Flashdisk"

    Post a Comment

    Komentar dengan link aktif tidak akan di approve